BAGI ANDA YANG MEMBUKA ACCOUNT MELALUI BLOG INI AKAN MENDAPATKAN FASILITAS WITHDRAWAL DAN DEPOSIT SECARA INSTAN SERTA SABTU MINGGU KAMI TETAP MELAYANI WITHDRAWAL DAN DEPOSIT.

Selasa, 29 Mei 2012

Requirement Psikologis Seorang Trader

Saya pernah bergabung dengan tim konsultan bidang manajemen SDM untuk membuat job analysis perkerjaan-pekerjaan di sebuah bank. Salah satu pekerjaan yang kebetulan menjadi bagian saya untuk dibuat job analysis-nya adalah pekerjaan dealer di bank tersebut. Dealer di sebuah bank mempunyai tugas utama melakukan transaksi dalam rangka penempatan dana, yang bisa saya kurang lebih samakan dengan tugas dan pekerjaan seorang trader forex.

Saat saya melakukan job analysis itu, saya memang belum belajar menjadi trader. Jadi deh… untuk bisa memahami dan merasakan bagaimana pekerjaan seorang dealer, saat itu saya harus melakukan pengamatan langsung selama beberapa waktu (yang lumayan bikin saya ngerasa jadi alien penyusup di dealing room hihihi&hellip untuk melihat langsung, mengamati dan mencoba merasakan apa dan bagaimana menjadi seorang dealer. Coba kalo saat itu saya sudah menjadi trader, saya mungkin akan cuma butuh sejenak merenung untuk merasakan, sebenernya apa sih syarat untuk menjadi trader yang baik (sukses) dan (tanpa banyak bersusah payah) akan jadilah laporan job analysis untuk jabatan dealer itu hehehe…

Anyway
, di sini saya akan coba sedikit berbagi hasil job analysis tersebut, terutama dalam masalah requirement atau persyaratan psikologis untuk menjadi dealer maupun trader.
Untuk menjadi seorang trader (yang baik), ternyata diperlukan prasayarat psikologis, antara lain:
Disiplin. Seorang trader harus mempunyai disiplin yang tinggi. Disiplin dalam menjalankan trading plan, disiplin dalam menjaga margin maupun disiplin dalam hal-hal “kecil” lainnya. Kedisiplinan ini juga biasanya akan tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Tenang dan tidak mudah panik. Seorang trader dituntut untuk bisa selalu mengendalikan emosi dalam menghadapi berbagai kondisi yang kadangkala tidak sesuai dengan harapan dan tidak mudah panik, karena kepanikan hanya akan menyebabkan pengambilan keputusan menjadi kacau dan malahan akan memperparah kondisi. Jadi, apapun kondisi yang anda hadapi, sebagai seorang trader yang baik, hadapilah selalu dengan tenang

Mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Disamping dituntut untuk tidak mudah panik, seorang trader juga harus bisa mengambil keputusan secara cepat dan tepat apabila perlu, misalnya untuk mengambil keputusan terhadap suatu posisi karena pergerakan harga yang mungkin diluar dugaan.

Optimis, tidak mudah menyerah dan selalu berpikir positif. Sebenernya prasayarat yang satu ini tidak hanya berlaku untuk profesi trader, tetapi juga berlaku secara umum untuk semua orang dengan profesi apapun yang ingin sukses. Btw, saya jadi teringat trader partner diskusi saya yang selalu berpikir optimis dan juga berdisiplin tinggi. Apapun kondisi yang dihadapi, dia selalu optimis, tidak mudah menyerah dan selalu berpikir positif.  Selain itu, dia juga telaten, teliti plus jago dalam hal planning Gak heran kalo dia selalu bisa take control di semua situasi dan... dialah trader terbaik yang pernah saya kenal.

Point-point di atas adalah sebagian syarat untuk menjadi trader yang sukses. Gimana? apakah anda sudah memiliki karakteristik psikologis seperti di atas? Kalo iya, saya ucapkan: selamat! Anda akan menjadi trader yang baik dan…  sukses bagi anda hanyalah masalah waktu. Kalo belum? Ya selalulah belajar  dan berusaha.  Selalulah berusaha memperbaiki diri dan belajar dari pengalaman serta kesalahan di masa lalu. Toh, sifat-sifat di atas juga akan lebih baik jika kita miliki, meskipun misalnya pada akhirnya kita memutuskan untuk tidak  menjadi trader  Sebenernya, apapun profesi kita, sifat-sifat positif ini akan mewarnai kehidupan kita sehari-hari, dan… yakin deh… bakal menjadikan hidup kita lebih menyenangkan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by hairul | micro forex - manado | trader forex